Rabu, 09 Maret 2011

W - A - K - T - U

Waktu, ini tentang waktu. Susunan huruf yang terdiri dari lima huruf, berawal dengan huruf W dan berakhir dengan huruf U. Pernah terbayang mendiskripsikan waktu secara lengkap? Aku tidak pernah membayangkan hal itu, sulit menurutku.

Secara pribadi, waktu tidak bisa aku deskrpsikan secara rinci, apa waktu itu?
Aku beranggapan, waktu adalah hidup, hidup adalah waktu
Saat kamu hidup  saat itulah kamu mempunya waktu untuk melakukan apapun.
Seperti apa kualitas waktu yang kamu miliki, seindah apakah waktu yang kamu lewati  dan seperti apa waktu yang kamu punya?

Banyak kata-kata yang mengiringi kata waktu, waktu sholat, waktu berbuka puasa, waktu makan, dan waktu-waktu yang lainnya, dari beberapa contoh di atas waktu merupakan hal yang seharusnya dilakukan, waktu makan, kamu seharusnya makan, waktu sholat, waktu di mana kamu seharusnya sholat.

Waktu itu saat kamu seharusnya melakukan sesuatu, jika dianalogikan dari pernyataanku diatas, jika hidup adalah waktu waktu adalah hidup, maka selama hidupmu kamu harus melakukan sesuatu, agar  hidupmu menjadi ‘waktu’, waktu yang harusnya tepat.

Aku sangat ingat sekali saat guru ekonomi sewaktu SMA berkata.

“kalian jangan pernah sekalipun menunggu waktu, kalian harus membuat waktu menunggu kalian”

Guru ekonomi ku tidak memberi tahu apa maksud kata-kata yang dia ucapkan, namun aku memahami kata-kata tersebut seperti ini. Saat menunggu waktu, berarti kamu mempunyai waktu untuk menunggu, mempunyai waktu yang tersia-siakan untuk menunggu, tetapi saat kamu membuat waktu menunggu maka dengan secara otomatis waktu yang kamu punya  berhasil terlewat dengan maksimal, karena kamu sudah tidak ada waktu untuk menunggu waktu berikutnya.

Se-simple kata waktu itu bisa diucap, tapi tidak semudah itu waktu didapat, dan terlewat.

Lalu seperti apa waktu yang harusnya dilewati, seperti apa waktu yang harus didapat? Ini kembali kepada dirimu masing-masing, saat mejadikan waktu itu berharga bagi dirimu, jangan terlalu jauh memikirkan orang lain saat kamu tidak mengetahui dirimu. Buatlah didupmu atau waktumu seberharga mungkin bagimu, jika tidur sepanjang hari merupakan waktu yang berhaga untumu lakukannlah, jika itu berdampak negatif bagimu, maka rubahlah, dan belajarlah. Karena waktumu atau hidupmu akan lebih bijak saat kamu belajar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar